Asal-usul Bandung Kota Kembang

News

Asal-usul Bandung kota Kembang? Pernah tidak bertanya-tanya kenapa sih Bandung dijuluki kota Kembang? Padahal di kota lain juga banyak bunga nya? Apakah berhubungan dengan para mojang-mojangnya yang terkenal cantik bak bunga?

Ternyata ada dua versi mengapa Bandung disebut kota Kembang. Versi pertama menyebutkan jika jaman dahulu, kota Bandung terlihat sangat cantik karena banyak pepohonan dan bunga-bunga yang tumbuh. Ratusan bunga bisa ditemukan di kota ini. Hal inilah yang menyebabkan Bandung dijuluki kota Kembang.

Untuk versi kedua, seperti dikutip dari Bandung Aktula, sejarahwan Haryoto Kunto dalam bukunya “Wajah Bandoeng Tempo Doeloe” mengatakan jika kembang yang dimaksud adalah kembang dayang. Dalam bahasa Sunda artinya wanita tunasusila.

Istilah ini muncul karena pada tahun 1869, Bestuur Van De Vereninging Van Suikerplanters dari Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula yang bertempat di Surabaya akan menggelar kongres. Saat itu, ia memilih Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan kongres.

Salah seorang panita kongres mendapat masukan untuk menghadirkan noni-noni cantik Indo-Belanda dari wilayah Perkebunan Pasirmalang. Tujuannya tentu untuk menghibur para pengusaha gula tersebut. Kongres tersebut dinyatakan sukses dan para tamu menyatakan sangat puas.

Dari mulut para peserta kongres itulah kemudian keluar istilah dalam bahasa Belanda “De Bloem de Indische Bergsteden” atau “bunganya” kota pegunungan di Hindia Belanda. Dari sinilah muncul julukan Bandung sebagai kota Kembang.

Hmm bagaimana menurut Anda, versi mana yang lebih benar dari asal-usul Bandung kota Kembang ini?