Presiden Soekarno Ternyata Arsitek Salah Satu Hotel Tertua Di Bandung Ini Loh

News

Siapa sangka ternyata Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno menjadi arsitek dari salah satu hotel tertua di Bandung. Yup, hotel itu ternyata Grand Hotel Preanger yang berlokasi di Jalan Asia Afrika. Walaupun sebenarnya yang merancang hotel ini adalah Charles Prosper Wolf Schoemaker namun beliau dibantu oleh muridnya, yaitu Ir Soekarno.

Bentuk bangunannya memang terlihat menyerupai sebuah kubus persegi panjang. Bahkan jika dilihat dari luar, atap hotel ini terlihat datar. Anda juga bisa melihat ukiran bertuliskan "Prengar Hotel" di antara sisi bangunan yang didominasi warna putih hitam ini.

Nuansa Eropa sangat kental terasa, apalagi dengan tambahan ornamen batu berbentuk garis-garis lurus di setiap sisi bangunan hotel.

Sebelum menjadi hotel, ternyata dulunya gedung ini digunakan sebagai toko roti. Bangunan ini baru disulap menjadi hotel pada tahun 1920. Di dalam hotel ini juga terdapat museum yang salah satunya menceritakan sejarah pembangunan hotel.

Lalu apakah hotel ini pernah direnovasi kamar-kamarnya sejak pertama kali dibangun hingga sekarang? ternyata ada sekitar 20 kamar hotel yang belum pernah direnovasi loh dalam artian masih asli seperti pertama kali dibangun. Dan kamar-kamar yang belum direnovasi ini artinya kamar yang dirancang oleh CPW Schoemaker dan Presiden Soekarno. Kamar-kamar yang belum direnovasi ini juga masuk ke dalam kategori kelas tertinggi loh.

Hmmm bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menginap di salah satu hotel tertua di Bandung yang juga rancangan Presiden pertama Indonesia, Grand Hotel Preanger?