Savoy Homann, Hotel Pertama Di Bandung

News

Hotel pertama di Bandung? pernahkah Anda bertanya-tanya, hotel apa yang pertama kali ada di kota Kembang ini?

Ternyata hotel pertama yang berdiri di Bandung adalah Savoy Homann. Siapa sih yang tidak kenal dengan Hotel Savoy Homann. Semua orang Bandung bahkan orang luar kota pun pasti mengenal hotel yang berada di jl. Asia Afrika ini.

Hotel Savoy Homann ini awalnya hanyalah rumah panggung dengan dinding bambu dan beratap rumbia. Penginapan ini didirikan oleh seorang pria berkebangsaan Jerman bermana Homann pada tahun 1880an.



Memasuki tahun 1939, A.F. Aalbers ditugaskan untuk mendesain ulang hotel ini ke gaya art deco. Desain hotel Savoy Homann pun tidak banyak berubah dari tahun 1939 hingga sekarang ini. Namun bangunan ini hanya dibuat lebih besar dan tinggi dari sebelumnya.

Sejak didesain ulang itulah Savoy Homann menjadi hotel mewah di Bandung dan hanya orang kaya saja yang bisa menginap di sana. Adapun orang-orang besar dan ternama yang pernah menginap di hotel Savoy Homann ini, diantarnya  Raja Chulalonkorn, Pangeran Prajathipok Paramintara, Sunan Solo Pakubuwono X, Sri Mangkunegoro VII, Sultan Deli, Charlie Chaplin, Mary Pickford, dan tentunya para pemimpin negara-negara Asia Afrika yang menghadiri KAA Bandung tahun 1955.Bahkan saking seringnya Charlie Chaplin menginap di hotel tersebut, ada kamar yang berisi tentang memoriable tentang dirinya.

Ketika memasuki jaman penjajahan Jepang, hotel ini sempat berubah fungsi menjadi rumah sakit. Dan sekarang, selain menjadi salah satu hotel mewah di Bandung, Savoy Homann pun menjadi salah satu heritage Bandung.

Savoy Homann, hotel pertama di Bandung dengan nuansa art deco yang juga menjadi saksi bisu sejarah Indonesia.