Sejarah Ranca Upas dan Mitos-mitosnya

News

Sejarah Ranca Upas ini ternyata belum diketahui banyak orang loh. Rancaupas awalnya hanya diketahui sebagai bumi perkemahan dan penangkaran rusa. Sampai akhirnya sekarang ini full dijadikan tempat wisata. Dalam artian, Anda bisa berkemah, masuk ke area penangkaran rusa dan memberi makannya, hingga berendam di dua kolam renang air panasnya. Bahkan Anda bisa menemukan taman bermain, warung-warung hingga coffee shop.

Awalnya, Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat pelatihan Kopassus dan berupa hutan belantara dengan rawa yang luas. Setelah hutan tersebut bebas dari binatang buas, Ranca Upas pun dijadikan hutan lindung oleh pihak Perhutani dan kemudian membukanya sebagai sebuah bumi perkembahan.

Ranca Upas sendiri diambil dari bahasa Sunda. Ranca artinya rawa dan Upas merupakan petugas Perhutani yang melegenda di kawasan gunung Patuha. Diceritakan, jika Upas merupakan sosok petugas berbadan kekar setinggi 198 cm dan berkebangsaan Belanda. Upas meninggal saat melaksanakan tugas lapangan untuk menjelajahi rawa di kawasan Ranca Upas. Bahkan mayatnya hingga sekarang ini tidak pernah ditemukan.

Pada saat pembangunan Ranca Upas pun dahulu hanya seorang juru kunci yang bisa melakukan pemanggilan pada rusa-rusa dan memberinya makan langsung. Namun sekarang ini, semua orang bisa berinteraksi dan memberi makan langsung rusa-rusa.

Ranca Upas memang memiliki pemandangan yang indah serta hawa yang sejuk. Anda bisa menikmati keindahan pegunungan dan pepohonan di sekitarnya. Namun bagi yang membawa anak-anak, jangan lupa membawa jaket tebal karena menjelang sore udara di Ranca Upas bisa sangat dingin.

Bagi Anda yang ingin berkemah di Ranca Upas pun bisa menyewa tenda serta perlengkapannya di warung-warung yang ada di dalam tempat wisata ini. Sewa tenda mulai dari Rp 100.000 tergantung dari besarnya tenda.

Sedangkan untuk fasilitas kamar mandi dan tempat beribadahnya cukup terawat. Bagi Anda pecinta kopi pun bisa menikmati racikan kopi dari barista.

Semoga sejarah seputar Ranca Upas ini bisa menambah wawasan Anda seputar tempat wisata di Bandung.